22 Desember 2013

SEKOLAH DI PEDALAMAN KEKURANGAN GURU


Antang Kalang, Selasa (17/12) Perjalanan kali ini sungguh menarik untuk diikuti yaitu reses ke kecamatan Antang Kalang, kecamatan yang akses transportasinya cukup jauh melalui jalan poros dari pusat Kabupaten maupun Provinsi demikian ungkap Heru Hidayat, ST selaku ketua Tim.  Ada satu lagi kecamatan Bukit Santui yang ada di hulu Kabupaten, namun aksesnya masih ada alternatif lain, informasinya cukup 5 jam waktu tempuh untuk sampai Bukit Santui. Sementara untuk mencapai kecamatan Antang Kalang dari Palangka Raya memerlukan waktu tempuh kurang lebih 10 jam dengan beberapa ruas jalan dan jembatan yang sudah mulai rusak.  

Sehari berikutnya baru bisa melakukan agenda pertemuan dengan pihak kecamatan dan tokoh masyarakat di aula kecamatan Antang Kalang. Diluar dugaan antusiasme warga untuk hadir dan memberikan beberapa usulan/masukan yang akan menjadi bahan hasil reses kali ini. diantaranya yang sangat mencuat adalah kebutuhan akan guru di kecamatan Antang Kalang, masyarakat berharap sekali ada guru yang siap di tempatkan di sekolah-sekolah yang ada di kecamatan Antang Kalang sebagaimana yang diutarakan warga. Untuk itu warga berharap pemerintah daerah melalui dinas terkait agar memperhatikan kondisi tersebut. Karena kebutuhan akan pendidikan menjadi hal mendasar bagi masyarakat untuk masa yang akan datang. 

Menurut Heru, kemajuan suatu daerah akan sangat dipengaruhi oleh kualitas sumber daya manusia warga masyarakat yang ada di daerah tersebut oleh karena itu Heru pun berharap bahwa harus ada terobosan penempatan guru dengan memberikan fasilitas dan tunjangan tambahan bahkan jika perlu sdm dari daerah setempat yang menjadi prioritas ketika ada penerimaan pegawai. Meskipun demikian kecamatan Antang Kalang memiliki banyak potensi diantaranya keberadaan situs atau objek wisata budaya lainnya. Keunggulan lainnya masyarakatnya yang hidup berdampingan saling gotong royong dan menjaga kerukunan. 

Dengan keberadaan 15 desa di kecamatan tersebut, dalam waktu dekat akan dilaksanakan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat Kabupaten Kotawaringin Timur. Kita berharap pembangunan di kecamatan Antang Kalang akan ditopang pula melalui APBD Kalteng 2014 nanti, seperti perbaikan jalan poros, yang sampai saat ini masih beberapa km di ruas jalan Pelantaran-Antang Kalang. Selanjutkan berharap pemerintah provinsi berkomitmen untuk turut menuntaskan akses jalan darat sehingga laju perekonomian di daerah akan meningkat demikian ungkap Heru saat kunjungan ke Kecamatan Antang Kalang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar