27 Desember 2013

PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PERLU DI TINGKATKAN

Palangka Raya, Selasa (24/12) Anggota DPRD Kalteng Heru Hidayat, ST menyebut perempuan dan keluarga berperan penting dalam program pemberdayaan masyarakat. Ia pun berharap program pemberdayaan yang dilakukan saat ini mampu merubah kondisi masyarakat menjadi lebih baik dan mampu menjadi pilar kekuatan dalam membangun daerah berbasis keluarga.

"Saya menggarisbawahi bahwa peran perempuan dalam program pemberdayaan masyarakat ini sangat baik dan strategis" kata Heru ketika reses di kecamatan Telawang, Kamis (19/12).

Diingatkan Heru, semangat untuk melaksanakan program-program pemberdayaaan masyarakat ini bisa dimulai dari komunitas terkecil, yakni komunitas perempuan yang tinggal di desa yang sama. Tak mesti harus ekonomi, tapi bisa juga mencakup pendidikan, kesehatan, pembangunan sarana dan prasarana umum.

Adapun, Heru memberikan apresiasi terhadap peran secara keseluruhan program pemberdayaan masyarakat yang saat ini terus dilakukan karena sangat membantu kecamatan maupun desa.

Lantaran banyak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di daerah, Heru mendapatkan kesan bahwa program pemberdayaan masyarakat cukup sukses di masyarakat. Heru juga menilai bagi negara-negara berkembang saat ini juga sedang turut mengembangkan program pemberdayaan masyarakat. Oleh karena itu, keberadaan PNPM dan program pemberdayaan masyarakat lainnya haruslah berhasil menjangkau akar rumput.

Heru pun menilai, selain pentingnya peran perempuan, kemajuan dan peran serta masyarakat khususnya keluarga dalam pemberdayaan masyarakat sangat besar.

"Pada tingkat keluarga, pada tingkat komunitas yang kecil, peran perempuan mencakup berbagai segi mulai dari kesejahteraan anak hingga menambah pendapatan keluarga. Saya sangat mendukung kalau ini ditindaklanjuti," kata Heru.

Dalam kesempatan itu, Heru juga mengingatkan program corporate social responsibility (CSR) yang marak dilakukan oleh perusahaan harusnya mendengar kebutuhan dari masyarakat. Ia menilai, masyarakat lebih mengetahui apa yang dibutuhkannya.

"Seringkali bila sesuatu itu didrop saja, atau diputuskan di belakang meja saja oleh birokrasi, malah sering tidak jalan. Maka selalu libatkan masyarakat, berikan ruang inisiatif yang besar bagi pelaksanaan program-program seperti ini," kata Heru.

Pemberdayaan Perempuan, bagaimana kemampuan perempuan dalam mempersiapkan jenjang rumah tangga, sehingga bekal untuk meniti kehidupan berkeluarga menjadi lebih matang dan dewasa. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar