Loading...

25 Oktober 2010

Desa Henda - dalam gambar

Admin memasuki Desa Henda, Kecamatan Jabiren Raya, Kabupaten Pulang Pisau dari arah daratan. Di pinggir jalan Trans Kalimantan terdapat plang nama desa sebagaimana tampak dalam gambar diatas.

Bangunan pertama yang kita lihat ketika masuk ke dalam adalah bangunan Pos Kesehatan Desa yang sedang direhab (gambar diatas)

Disamping Pos Kesehatan Desa terdapat Balai Desa Henda (gambar diatas)

Di samping Balai Desa terdapat Gereja Bethel (gambar diatas). Kebetulan pada saat itu sedang ada kebaktian. Peserta kebaktian tersebut semuanya ada lima orang.

Lebih ke dalam lagi di sebelah kanan jalan terdapat Mushalla At-Taqwa (gambar diatas).

Bila kita langsung menuju sungai Kahayan, maka kita sampai di Dermaga Desa Henda (gambar diatas)

Bila kita berdiri di batang dermaga kemudian melihat ke kanan, maka kita akan melihat gambar diatas.

Bila kita melihat ke kiri dari batang dermaga maka kita akan melihat gambar diatas.

Bila kita naik dari batang dermaga kemudian menuju ke arah hulu dari desa, maka pada sebelah kiri kita bisa melihat Posyandu Merpai sebagaimana tampak pada gambar diatas.

Tidak jauh dari posyandu, di laut (sisi tepi sungai) kita dapat melihat seekor babi yang dikurung dalam sebuah kandang yang terdapat disamping rumah (gambar diatas). Kandang babi ini terdapat pada beberapa rumah di daerah hulu dari desa ini.

Bila kita berjalan ke arah hulu, maka pada di sebelah kiri ada sebuah gereja tua yang bernama Gloria (gambar diatas). Gereja ini sudah tampak rusak dan hanya digunakan untuk sekolah minggu. Masyarakat menggunakan gereja Gloria yang ada di pinggir jalan Trans Kalimantan untuk melakukan kebaktian.

Pada bagian darat (sisi kiri dari jalan) terdapat rumah yang cukup tua (gambar diatas). Bila dilihat dari ukiran yang terdapat pada rumah ini, serta tinggi rumah ini dibandingkan dengan rumah-rumah lain yang terdapat di kiri dan kanan-nya maka gambaran ke-kuno-an dari rumah ini dapat kita ketahui.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar